Wednesday, September 28, 2011

6 Faktor Yag Mempengaruhi Kesehatan

"Kesehatan Adalah Harta Yang Sangat Berharga Tanpa Kesehatan Tidak Akan Ada Arti Apa-apa, Raihlah Kesehatan optimal untuk anda dan keluarga"

Kita mengetahui bahwa banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia , bahkan ada sebuah statistik dari WHO yang menggambarkan bahwa di dunia hanya 15% orang yang benar-benar sakit dan harus dirawat di rumah sakit, 15% lagi adalah orang yang benar-benar sehat, dan 60% selebihnya adalah orang yang sehat tetapi gampang terserang penyakit, yaitu contohnya seperti saya dan anda yang mudah terkena flu, masuk angin, pusing dan lain sebagainya.



Kesehatan manusia dipengaruhi oleh 6 faktor yaitu :
1. Udara
2. Air
3. Makanan & Minuman
4. Keseimbangan Emosi
5. OlahragaTeratur
6. IstirahatCukup

apabila ke enam faktor tersebut terganggu atau bermasalah maka otomatis kesehatan kita juga akan terganggu , mau atau tidak mau, sadar atau tidak kita hidup dizaman penuh polusi dari zat kimia baik itu air, udara maupun makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.




Faktor Utama yang Mempengaruhi Kesehatan


• Air
Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tubuh manusia saja hampir 80% terdiri dari air. Tentu saja tubuh kita memerlukan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik. Air yang kotor dan tercemar akan mengakibatkan menurunnya kualitas kesehatan kita. Pastikan air yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari terbebas dari polusi dan bakteri.

• Udara
Pencemaran udara sudah tidak bisa dipungkiri lagi sebagai faktor yang mempengaruhi kesehatan. Udara yang kita hirup setiap hari dapat dipastikan dalam kondisi tercemar. Polusi kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok menjadi faktor dominan pencemaran udara. Alangkah baiknya jika kita melakukan hal preventif untuk meminimalisir risiko dari pencemaran udara. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghijaukan pekarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar, sebisa mungkin kurangi kegiatan di luar rumah yang tingkat pencemaran udaranya tinggi, seperti jalan raya. Jika Anda tidak merasa risih, mungkin ada baiknya menggunakan masker agar kotoran udara tidak ikut terhirup oleh kita.

• Makanan dan Minuman
Sadarkah kita akan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari selama bertahun-tahun? Yakinkah bahwa makanan dan minuman tersebut diproses dengan tingkat hygienitas yang tinggi? Jika kita tidak yakin, mungkin ada baiknya back to nature, makan dan minumlah yang alami. Akhir-akhir ini kita sering mendengar berbagai bahan kimia dicampur dengan bahan makanan dan minuman, alasan yang paling kuat adalah untuk menambah rasa. Padahal sehat itu lebih penting daripada rasa. Tubuh kita tidak memerlukan zat kimia, rasa itu memang hanya untuk lidah saja. Untuk Anda yang gemar dengan makanan alami sekalipun harus tetap hati-hati, pasalnya makanan tersebut juga belum tentu bebas dari zat kimia, pestisida misalnya. Ada baiknya Anda memilih makanan organik.

• Olahraga
Beredarnya multivitamin dan sejenisnya memang secara tidak langsung telah mendorong manusia menjadi malas berolahraga. Malah sampai ada orang yang ketergantungan dengan multivitamin. Padahal jika pola hidup kita sehat, termasuk sering berolahraga, maka tubuh kita bisa dikatakan sehat. Hampir semua orang sadar dan setuju akan pentingnya berolahraga. Sayang, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya. Alangkah baiknya setiap hari kita meluangkan waktu kita beberapa menit untuk berolahraga. Tidak harus olahraga yang sifatnya berat dan menguras banyak tenaga, cukup lakukan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah atau bahkan di tempat kerja.

• Emosi
Emosi turut menyumbang dalam perannya mempengaruhi kesehatan. Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Di dunia sekarang telah banyak pakar yang mengemukakan pentingnya kecerdasan emosi (EQ), karena memang itu hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk menjaga emosi tetap stabil, berekspresilah sewajarnya dalam kehidupan sehari-hari. Selalu ingat pertanyaan ini “Capek nggak sih saat kita marah-marah?” , “Apa sih manfaat yang bisa kita rasakan dari sebuah kemarahan?”. Hadapilah segala sesuatunya dengan hati tenang. Ingat, Anda tidak akan menemukan jalan terbaik jika hati Anda ditutupi dengan kemarahan.

• Tidur
Tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam. Agar sebagian dari hari yang kita lalui itu digunakan untuk istirahat, dalam hal ini tidur. Tidur dibutuhkan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh kita setelah lelah bekerja. Saat kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, dari mulai peremajaan sel-sel sampai kepada pembuangan sejumlah toksin yang ada dalam tubuh. Jangan sepelekan tidur, tidur yang berkualitas tidak diukur dari lama atau tidaknya kita tertidur. Tidurlah dengan suasana hati yang tenang, maka ketika Anda bangun, Anda akan merasa segar.




No comments: